Rabu, 13 Maret 2013

Membuat Karakter Animasi dengan Blender


Kali ini saya akan sharing mengenai cara membuat Karakter Animasi menggunakan Software Blender. Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang blender. Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di bidang Desain Grafis. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat konten 3D, Blender juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan multimedia seperti mengedit video, membuat game, animasi, compositing, film animasi 3D dan lainnya yang berhubungan dengan animasi 3D. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

Oke langsung saja buka Software Blendernya, jika sudah maka akan masuk tampilan blendernya dan view port akan ada object default yaitu berbentuk kubus.


Disini saya membuat karakter yang berbentuk Penyu. Yang bagian badannya saya bentuk dari mesh-mesh/object-object yang sudah ada. Ya langsung saja karena saya tidak menggunakan object kubus maka object saya delete dengan cara klik kanan terlebih dahulu pada object yang ingin dihapus kemudian klik x pada keyboard. Lalu akan muncul pilihan Delete lalu klik kiri maka object yang tadi dipilih akan terhapus.
Jika sudah kita akan memulai membuat bagian kepala menggunakan object/Mesh UV Sphere. Cara menambahkannya menu add pada menu bar lalu pilih Mesh kemudian pilih UV Sphere.
Jika sudah object yang dipilih akan muncul pada Viewportnya.
Selanjutnya ketahap membentuk kepalanya, disini saya membentuk sesuai keinginan saya. Pada membentuk kepala tersebut saya menggunakan kombinasi Scale dan Translate. Sebelum melakukan edit object kita harus mengklik tombol tab pada keyboard untuk bisa mengedit object. Kemudian saya mencoba melancipkan bagian dagu. Untuk memilih bagian yang diinginkan saja kita dapat men-selectnya dengan cara klik “tab” lalu klik kanan pada object yang dipilih lalu jika ingin memperbesar atau menambah selectnya dengan cara klik “Shift”.
Jika sudah bentuk seperti gambar di atas. Dalam menselect bagian dari object kita bisa menselect dengan tiga cara yaitu menselect titik, garis  dan 1 sisi. Untuk mengganti cara menselect kita bisa lihat pada bagian bawah pada blender yang akan muncul apabila kita mengklik tombol tab pada keyboard.

Selanjutnya saya membuat bentuk badanya dengan cara tambah lagi mesh UV Sphere. Saya akan membentuk seperti tempurung penyu dengan cara select ½ bagian  apabila kita ingin menselect bagian dari objectnya lumayan banyak kita tidak usah menselect 1 persatu kita bisa menggunakan tombol “B” pada keyboard. Tombol B akan menselect sesuai area yang kita buat. Dengan cara klik tab lalu klik Tombol “A” untuk mendeselect lalu klik B dan buat area yang anda mau edit.
Jika sudah seperti diatas lalu lepas. Jika sudah perkecil pada bagian depan sehingga bagian belakang akan lebih besar. Maka akan berbentuk seperti tempurungnya untuk mempercepat gunakan shortkey “S” yaitu untuk scale.
Selanjutnya saya membuat bahu lengannya tambahkan Mesh UV Sphere. Lalu kecilkan sesuai gambar kemudain letakan pada bagainnya. Jika sudah makan bahu 1 bagian sudah jadi untuk membuat 1 bagian yang lain anda tidak perlu membuat object lagi. Anda bisa mengcopy object tersebut dengan cara klik tombol “Shift” dengan “D” maka object yang dipilih akan tercopy. Dan pindahkan object tersebut sesuai sumbu Y agar sisi kiri dank an seimbang dengan cara klik saja tombol Y pada saat memindahkan.
Jika sudah buat telapak tangannya. Disini saja juga memakain Mesh UV Sphere lalu saya edit-edit sehingga membentuk telapak tangan  yang mempunyai 3 kuku.
Lalu letakan pada bagiannya.
Kemudian saya ingin menambahkan kaca mata. Caranya select saja pada bagian matanya lalu duplikat kemudian pindahkan pada sumbu z kedepan. Sehingga akan membentuk seperti kaca mata.
Lalu pada sisi ujung bagian kaca mata edit dengan cara select garis pada ujung nya kemudian rapatkan pada kepalanya sehingga akan terlihat kacamata tergantung pada kepalanya.
Jika suda buat kakinya dengan object UV Sphere juga lalu klik tab dan pada bagian kiri blender ada tulisan Loop Cut and Slide. Jadi kita dapat memotong bagian dari object.
Jika sudah pilih bagiannya pindahkan dengan mengklik g lalu pindahkan sesuai sumbu y pada tambilan View. Agar object membentuk paha kaki.

Untuk membuat bagian telapak kakinya saya juga menggunakan Mesh UV Sphere. Lalu edit objectnya seperti gambar dibawah.
Jika sudah letakkan pada tempatnya.
Kemudian saya menambahkan ekor dengan cara pilih saja bagian pada belakang lalu drag hingga membentuk seperti ekor.
Kemudain saya menambahkan pipinya menggunakan object UV Sphere agar terlihat lucu dan menarik.
Untuk menghaluskan object yang kita buat klik smooth pada bagian kiri blender.
Jika sudah di beri warna dan untuk melihat hasilnya kita menggunakan perintah Render atau klik F12.
Sekian tutorial dari saya. Karena saya masih dalam tahap belajar mohon maaf bila ada salah. Terima Kasih ^_^
 sumber : http://ainanug.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar